liputan-dongeng-anak

Mendongeng merupakan salah satu metode dalam mendidik tumbuh kembang seorang anak.

Dongeng merupakan cerita rekayasa atau  cerita hayal yang biasa diceritakan orang tua terhadap anak anaknya sebagai pengantar tidur. Berbeda dari biasanya, kali ini dongeng justru disuguhkan untuk anak-anak di sebuah pusat perbelanjaan kawasan Jakarta Utara. Keceriaan anak-anak pun terpancar saat mendengarkan cerita dongeng dari Kak Resha, yang begitu ekspresif menyampaikan pesan kebaikan lewat cerita dongeng.

Dongeng selalu menjadi cerita seru bagi anak-anak. Selain membuat anak dapat menghaya,  dongeg juga bisa membuat anak menjadi lebih peka terhadap lingkukngan sekitar nya. Tak banyak yang tahu, ternyata dongeng juga bisa  menjadi terapi bagi anak dalam melatih kepekaan mengenai cara berbicara dengan kosa kata yang benar. Bahkan dongeng mampu meningkatkan kedekatan emosional anak terhadap orang tua.

Anak-anak sangat antusias mendengarkan cerita dongeng tentang “Raja sebagai pemimpin yang baik untuk rakyatnya” yang disampaikan Kak Resha. Bagi para orang tua,  penyampaian dongeng memiliki daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Mereka berharap dongeng dapat terus dilestarikan sebagai budaya dan cerita rakyat karena lewat dongeng karakter anak dapat dibentuk untuk menjadi generasi penerus yang baik.

Comments are closed.